Jumat, 31 Juli 2009

"Menghilangkan Kejenuhan Saat Isomnia"

Pengertian Insomnia
Pengertian secara umum didefinisakan Insomnia suatu kesulitan untuk tidur, atau bertahan tidur, atau tidur dengan nyenyak.
Insomnia sendiri didefinisikan sebagai suatu persepsi dimana seseorang merasa tidak cukup tidur atau merasakan kualitas tidur yang buruk walaupun orang tersebut sebenarnya memiliki kesempatan tidur yang cukup. Penderita insomnia berbeda dengan orang yang memang waktu tidurnya pendek (short sleepers), dimana pada short sleepers meskipun waktu tidur mereka pendek, mereka tetap merasa bugar sewaktu bangun tidur, berfungsi secara normal di siang hari, dan mereka tidak mengeluh tentang tidur mereka di malam hari. Insomnia dapat juga merupakan penyakit fisik maupun mental, dapat pula merupakan penyakit tersendiri.
….Banyak orang mengeluh dengan adanya penyakit atau keadaan Isomnia termasuk saya awalnya. Saya pernah mengalami kondisi seperti ini sekitar dua bulan yang lalu tapi akhir-akhir ini kondisi ini saya alami lagi, sempat awalnya merasa cemas dan khawatir serta risih akan kondisi seperti ini namun setelah saya pikir-pikir lagi Isomnia ini pun tidak selalu berdampak negative apalagi untuk kita yang selalu mempunyai aktivitas. Untungnya saya tidak ambil pusing dengan kondisi ini, Dalam mengatasi kejenuhan pada saat mengalami kondisi ini dan sekarangpun saya sudah mulai terbiasa dengan kondisi seperti ini. Banyak hal – hal yang dapat kita lakukan untuk mengisi kejenuhan kita pada saat mengalami isomnia yaitu dengan cara
1. Mengerjakan ibadah misalnya untuk orang muslim yaitu dengan sholat malam (Sholat Tahajjud) atau berdo’a kepada Tuhan.
2. Browsing pengetahuan umum di internet.
3. Mengisi blog sebagai bahan mengembangkan kemampuan diri.
4. Chatting dengan teman yang sedang online, sebagai bahan untuk sharing ditengah kepengatan kita yang sedang kerja ataupun kuliah.
5. Ngemil atau makan makanan yang ringan, baik untuk kita – kita yang ingin menggemukan badan.
6. Membaca buku pelajaran bagi kita yang sedang melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi jadi kalau lagi saat ujian proses daya ingat akan lebih cepat dan gampang dalam menjawab soal yang diujikan.
7. atau dengan cara nonton Televisi (TV) dan masih banayak lagi yang lainnya.

SO.. Isomnia tidak selalu berdampak Negatif , Bukan? Isomnia dapat diimbangi dengan pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi misalnya dengan banyak berolahraga, makan yang teratur, perbanyak minum air putih, dan ketika kita sudah merasa mengantuk segeralah untuk tidur…..Ingat menghilangkan isomnia bukan dengan cara memaksa mata kita untuk terpejam tetapi perlahan dengan menjalankan aktivitas itu cara saya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar